Pengertian Seni Tari Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Sebuah gerakan gemulai yang berirama cantik dimana dilakukan pada suatu tempat berbentuk panggung dan pada waktu tertentu guna mengekspresikan sebuah perasaan atau jiwa disertai penyampaian pesan dari seseorang kepada kelompok atau sebaliknya dan bisa juga dari seseorang ke seseorang atau kelompok tertentu dengan kelompok lainnya itu lah yang di sebut dengan Seni Tari.

Pengertian Seni Tari
Pengertian seni tari secara umum adalah suatu bentuk dari karya seni yang mencakup gerakan ritmis seorang pelaku tari dan diiringi oleh alunan musik.

Pengertian Seni Teater Secara Umum

Ada juga pengertian seni tari secara harfiah diartikan sebagai suatu proses pembentukan gerak tubuh yang mempunyai irama dan dalam penyajianya diiringi oleh alunan musik yang berlandaskan karsa dan rasa.

Jenis – Jenis Seni Tari
Secara garis besar, Seni Tari bisa dikelompokkan menjadi 2 jenis Seni Tari yaitu :
1/Seni Tari berdasarkan atas jumlah penarinya,
2/Seni Tari berdasarkan atas genre atau alirannya.

Kedua jenis Seni Tari tersebut di atas bisa dikelompokkan Seni Tari berdasarkan atas perbedaan yang dapat anda lihat melalui jumlah penarinya dengan latarbelakang aliran apa yang diaplikasikan.
Seni Tari berdasarkan atas jumlah penarinya dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu tarian tunggal/solo, tarian berpasangan/duet, dan tarian berkelompok/group. Sedangkan yang berdasarkan atas genre/alirannya adalah dapat dikelompokkan menjadi : tari tradisional (tari tradisional klasik, dan tari tradisional kerakyatan), tari kreasi baru (tari kreasi baru pola tradisi dan non tradisi), dan tari kontemporer.

Fungsi Seni Tari Yang Patut Untuk Anda Kenal

Diketahui bahwa Seni Tari Indonesia mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut :
Berfungsi sebagai tari pertunjukan,
Berfungsi sebagai tari – tarian upacara,
Berfungsi sebagai tari – tarian hiburan,
Berfungsi sebagai tari pergaulan,
Berfungsi sebagai tari kesenian.

Unsur Utama Dalam Seni Tari

1. Wiraga /raga adalah sebuah tarian haruslah menampilkan gerakan badan dengan mengambil sikap 2 posisi yaitu posisi gerakan tubuh yang gemulai dan posisi duduk ataupun berdiri yang terlihat lembut dan tidak kaku.

2. Wirama /irama adalah sebuah seni tari yang wajib memiliki unsur–unsur irama yang dapat menyatukan antara gerakan badan yang gemulai dengan diiringi oleh musik pengiring baik itu dari segi tempo ataupun irama.

3. Wirasa /rasa adalah sebuah seni tari yang mewajibkan si pelaku harus mampu menyampaikan ekspresi sebuah perasaan / jiwa terdalam melalui sebuah tarian /gerakan dan mimik wajah.

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Aristoteles
Menurut pendapat dari Aristoteles, pengertian seni tari adalah sebuah gerakan ritmis yang bertujuan untuk memberikan visualisasi karakter dan kehidupan yang dijalani oleh manusia sebagaimana mereka bertingkah laku.

Yulianti Parani
Pendapat Yulianti Parani tentang pengertian seni tari adalah merupakan seluruh ataupun sebagian gerak tubuh yang bersifat ritmis baik secara kelompok maupun secara individu. Dan dalam penyajianya disertai dengan ekspresi tertentu.

Soedarsono
Seorang ahli bernama Soedarsono berpendapat bahwa pengertian seni tari ialah merupakan perwujudan ekspresi jiwa manusia dan hal itu disajikan dalam bentuk pergerakan badan yang ritmis dan menawan.

Cooric Harting
Pengertian seni tari menurut Cooric Harting adalah suatu serangkaian gerakan ritmis dari tubuh manusia yang disertai dengan irama dan dilakukan didalam satu ruang dan waktu.

Bagong Sudito
Pengertian seni tari merupakan gerak ritmis yang sesuai dengan iramanya serta hal itu bertujuan untuk mengekspresikan perasaan si penari.

Dari berbagai kesimpulan diatas, mulai dari pengertian seni tari secara umum hingga menurut para ahli, bisa disimpulkan bahwa seni tari bukan hanya gerakan tubuh yang mengikuti irama saja. Melainkan juga wajib searah dengan tujuan dan target yang ingin disampaikan oleh penari kepada penikmat seni tari.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Seni Tari Secara Umum dan Menurut Para Ahli"