Perbedaan Operet Dan Drama Musikal

Salam Budaya, Membahas mengenai perbedaan operet dan drama musikal. Banyak sebagian orang mengganggap banhwa opret tidak berbeda dengan drama musikal, namun ada juga sebagian orang memnganggap keduanya sangatlah berbeda. Jadi sebenarnya mana ia yang benar?


Sebelum kita membahas mengenai perbedaaan operet dan darama musikal, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu pengertian Operet dan Drama Musikal, Simak keterangannya di bawah ini.

Pengertian Operet
Operet adalah genre opera ringan, "ringan" dalam hal musik dan opera. Operet adalah opera tetapi penampilannya berupa seperti teater musikal atau dikenal dengan Drama Musikal. Operet lebih mengutamakan dialog daripada nyanyian. Operet juga dianggap kurang "serius" dibandingkan dengan opera. Namun, operet tetap dianggap sebagai opera karena penyanyi-penyanyi operet menyanyi dengan menggunakan suara opera dibanding dengan suara penyanyi musik populer untuk teater musikal biasa.

Pengertian Drama
Drama musikal adalah satu bentuk ekspresi kesenian yang dikolaborasikan antara musik, laku, gerak dan tari, yang menggambarkan suatu cerita yang dikemas dengan tata koreografi dan musik yang menarik sehingga terbentuklah sebuah drama musik atau kadang di kenal dengan “musical play”
Faktor emosional dari drama humor, cinta, amarah dikomunikasikan lewat kata–kata, musik, gerakan, dan aspek teknis dari hiburan yang digabungkan secara keseluruhan.

Setelah membaca dan mengetahui arti dari setiap seni peran di atas pastinya anda sudah dapat membedakan dari ketuanya. Tidak perlu silit untuk membedakannya karna kita akan coba untuk mengulasnya bersama di rumah teater kali ini.

Perbedaan Antara Operet dan Drama Musikal:

Durasi Lagu Opera Lebih Pendek Dari Pada Musik Pada Drama Musikal
Biasanya ketika anda menonton sebuah operet lagu yang di mainkan tidak lah panjang berbeda dengan drama musikal yang membutuhkan lagu untuk memberikan warna tersendiri di dalam seni pertunjukan yang memadukan musik dan teater di dalam sebuah pementasan seni. Mungkin anda pernah menonton drama musikal Laskar Pelanggi, film yan g melegenda di tanah Belitung. Pernah di tampilkan dalam sebuah pertunjukan drama musikal. Menggunakan musik andalannya yaitu Laskar Pelangi yang di mainkan oleh grup band nidji. Memmbuat penonton merasakan drama musikal yang berbeda ketika menonton di layar kaca dengan menonton langsung Laskar Penlangi yang di pentaskan secara langsung.

Operet Mengutamakan Dialog Dari Pada Musik Seperti Drama Musikal
Opret lebih mengutamakan dialog yang sebenarnya masih menjadi ciri khas teater pada umumnya walau dianggap tidak serius dan musik pada operet mendeskripsikan kata yang ada pada dialog. Di bandingakan dengan drama musikal yang memang keseluruhan dialognya dibuat seperti nyanyian. Sekian perbedaan operet dan drama musikal di artikel rumah teater kali ini, semoga dpat menambah wawasan dan pengetahuan, agar tidak terjadi kesalahan dalam menerjemahkan sebuah seni peran yang menjadi hiburan dan kebudayan di Indonesia, Terimakasih dan Salam Budaya.

Subscribe to receive free email updates: