Artikulasi di Dalam Seni Teater dan Cara Melatihnya

Salam Budaya, membahas mengenai artikulasi di dalam seni teater. Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui arti dari artikulasi, pengucapan kata melalui mulut agar terdengar baik dan benar secara jelas. Artikulasi sangat mempengaruhi ketika pementasan berlangsung.

Mengapa artikulasi menjadi teknik yang perlu di perharikan di dalam seni teater khususnya ketika di dalam sebuah pementasan teater. Kita ambil contoh ketika ada seseorang aktor yang melakukan artikulasi kurang tepat seperti pengucapan kemarin menjadi kemalin dan seperti kehormatan menjadi kormatan. Semua itu harus di perhatikan agar penonton dapat mendengar suara pemain dengan baik. Tidak memungkiri kejadian artikulasi yang kurang tepat di saat pementasan teaetr bukan karena cacat artikulasi melainkan ketika seorang aktor mengalami kejadian yang tidak di duga, seperi aktor mengalami gugup, melakukan penjelasan dengan tergesa-gesa dan masih banyak lagi kejadian yang harus di minimalisir atau di hilangkan agar tidak terjadi artikulasi yang tidak baik.


Bagaimana Bila ada Salah Satu Aktor yang Gagap?
Tidak perlu kebingungan untuk menentukan arikulasi seorang aktor yang gagap, seorang sutradara dapat menjadikan kekurangan seorang aktor tersebut menjadi ciri khas yang menjadi daya tarik tersendiri. Yang biasanya terjadi penonton terkadang tidak menyadari dengar kekurangan yang di miliki oleh seorang aktor teater di karenakan semua yang dilakukan di atas panggung mereka anggap sebuah ekting atau sedang memerankan sebuah karekter.

Cara Melatih Artikulasi
Untuk melatih artikulasi yang baik latihan menjadi langkah yang utama untuk mendapatkan artikulasi yang bagus, Latihan bisa seperti berikut; Dengan mengucapkan alfabet dengan lantang dan benar tidak lupa  dengan gerakan mulut pada setiap pengucapat alfabet. Ucapkan setiap hurup dengan nada tinggi, rendah, sengau, kecil besar dan secara berisik. Anda bisa mencoba memvariasikan dengan pengucapan cepat, lambar, naik, turun.

Latihan artikulasi yang sudah saya jelaskan dapat membantu seorang pemain teater saat mengucapkan kata perkata dalam sebuah dialog. Tidak hanya melatih artikulasi, anda juga harus memperhatikan ketika anda menghapal sebuah dialog di naskah yang anda akan bawakan di sebuah pementasan teater. Cobalah melakukan kegiatan membaca naskah bersamaat dengan aktor yang lain dari awal cerita sampai dengan selesai. Ini maksudkan untuk melatih pemain agar dapat menghapal dengan baik dari kata perkata di sebuah dialog naskah.

Keuntungan bagi seseorang yang terbiasa untuk berbicara dengan cepat. Artikulasi akan terbentuk dengan sendirinya, dan hanya perlu mengasah keberanian di setiap penampilan. Saran saya untuk menghindari artikulasi yang jelek setelah melakukan latihan di atas tetapi masih mengalami artikulasi yang kurang bagus. Coba untuk melatih kepercayaan diri, ini juga berpengaruh ketika seseorang ingin mengucapkan sesuatu dialog. Untuk mengucapkan kata yang tepat di atas panggung tidaklah mudah untuk seorang pemula, namu semua itu dapat di atasi ketika ada kemauan dari diri untuk melakukan sebuah perubahan yang lebih baik.

Kesimpulan
Mengenai kesimpulan dari amateri yang sudah saya jelaskan. Artikulasi mempunyai peranan penting dari suatu pementasan seni teater maupun seni pertunjukan lainnya. Untuk mendapatkan artikulasi yang baik di butuhkan latihan pengucapan kata dengan baik seperti pengucapat alfabet. Itulah sedikit materi yang bisa saya sampaikan di rumah teater kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan jagan perna menyerah dalam proses belajar sekian dan Salam Budaya.

Subscribe to receive free email updates: