Teknik Muncul Dalam Seni Teater dan Cara Melatihnya

Salam Budaya, di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai teknik muncul dalam seni teater. Teknik ini harus menjadi salah satu teknik andalan setiap aktor dan aktris ketika sedang memerankan karakter di sebuah pementasan seni teater. menjadi sebuah sorotan pengunjung yang ditunggu-tunggu. untuk selengkapnya simak sibawah ini.


Teknik muncul
Teknik muncul adalah munculnya seseorang aktor/aktris d awal pementasan dan di setiap awal muncul dari balik layar. Kator yang akan keluar dari sebuah layar haruslah memiliki rasa dan sudah dalaam keadaan siap untuk memerankan sebuah karakter. aktor harus mampu menggambarkan suasana sesuai alur cerita untuk penonton mengerti. Namun ketika penampilan satra yang sering kita lihat menampilkan teknik muncul dengan membuat penontonnya kebingungan dengan apa yang terjadi pada aktor yang baru memasuki panggung.

Melatih Teknik Muncul
Melatih teknik muncul dapat di lakukan dengan banyak hal contohnya dengan latihan memasuki panggung dengan beberapa karakter seperti: masuk dengan karakter seseorang yang mengendap seperti pencuru yang hendak mencuri sesuatu. Pastinya pencuri itu masuk dengan mengendap-endap dan berjalan pelan agar tidak ketahuan seseorang, atau dengan karakter yang kebingungan, awal muncul seseorang yang kebingungan bisa di gambarkan jalannya yang cepat dan arah jalnnya yang hanya memutar mutar. Masih banyak cara melatih teknik muncul sesuai karakter yang ingin di perankan oleh seorang aktor/aktris di dalam naskah.

Membuat penonton merasa penasaran dengan cerita yang akan di mainkan dalam sebuah pementasan teater menjadi kewajiban para pemain. Hal ini bisa di lakukan dengan awal munculnya seorang pemain. Anda bisa coba lakukan latihan teknik muncul seperti di atas yang sudah saya jelaskan.

Muncul dari keramayaian Penonton
Teknik ini sudah banyak di lalakukan oleh para aktor dan aktris teater dan sudah banyak di ketahui orang yang sudah pernah menonton teater sebelumnya. Ketika anda sedang menikmati jalannya pementasan teater tiba-tiba di samping anda ada yang berteriak, berlari atau berjalan mengarah ke atas panggung dan ternyata ia salah satu dari pemeran yang muncul dari kumpulan penonton. Teknik ini dapat menjadi nuansa yang mengejutkan dan membuat menarik, kebanyakan penonton tertawa dan tidak banyak yang terheran-heran dengan aksi pemain yang muncul dari belakang penonton.

Muncul Ketika Lampu Lighting Hidup
Ini teknik yang sering di lakukan para aktor ketika ingin muncul di awal atau penutup sebuah pementasan. Biasanya pementasan teater dengan penerangan cahaya lampu lighting di gunakan semaksimal mungkin untuk membuat teknik muncul yang menarik. Tiba-tiba lampu redup secara perlahan dan mulai gelap. Ketika lampu lighting benar-benar padam, barulah sang aktor/aktris bersiap di posisi dan menunggu lampu lighting hidup secara perlahan.

Kesimpulan
Salah satu daya tari penonton di awal pementasan teater tidak lepas dari teknik muncul di awal pementasan teater berangsung. Berbagai macam teknik muncul yang dapat membuat penonton heran dan tertawa. seperti teknik muncul dari belakang penonton, dan teknik muncul setelah lampu lighting hidup. Semua teknik muncul yang sudah di jelaskan tersebut di artikel rumah teater kali ini dapat di latih sesuai kebutuhan para aktor dan aktris. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan menambah wawasan pembaca, terimkasih dan Salam Budaya.

Subscribe to receive free email updates: