Spontanitas di Dalam Seni Teater

Kali ini saya akan menulis artikel di rumah teater tentang bagai mana spontanitas dalam seni teater sebenarnya teknik ini sering di gunakan dalam latihan di dalam sanggar banyak yang menggunakan teknik ini ketika lupa naskah. Sayapun pernah melakukan sepontanitas di atas panggung itu saat kompetisi yang di selenggarakan oleh salah satu universitas di lampung utara. 


Naskah saya terpotong oleh adegan teman dialog saya dalam naskah itu dan saya berusaha untuk membalikan suasana di dalamnya agar alur naskah yang sudah ada tidak keluar jauh dari alurnya .Itu contoh pemanfaatan teknik spontanitas dalam seni teater, sebenarnya yang saya dapat mengenai pengertian spontan ketika saya sedang mendapat materi dari salah satu guru saya, spontanitas bukan lah teknik yang di gunakan untuk menutupi kesalahan yang terjadi di atas panggung saat berperan, melainkan teknik untuk membalikan alur cerita seperti tidak terjadi kesalahan di dalamnya.

Teknik ini kadang membuat penonton yang mengetahui alurnya bisa saja terheran-heran dengan aktor atau aktris yang melakukannya tergantung pemerannya apakah ia bisa membuat keadaa yang seharusnya kacau menjadi wah ketika ia melakukan spontanitas. Ini adalah pendapat saya sendiri ketika mencoba menceritakan pengalaman dan ilmu yang saya dapat di teater.

Spontanitas di Dalam Kehidup Sehari-hari:
Saya akan bercerita lagi, mengapa saya menuliskan hal ini, banyak anggapan bahwa seseorang yang menggeluti seni teater pandai merangkai kata  hehehe saya tidak melebi-lebihkan tetapi kebanyakan pasti memiliki pendapat yang sama seperti saya. Ketika dalam kehidupan sering kali tidak di sadari kita melakukan teknik ini, contohnya ketika anda sedang bertanya yang pertanyaanya ternyata ketika kalian ungkapkan berbeda dan si penjawab menayakan balik tentang pertanyaan anda lantas anda coba untuk mebenarkan pertanyaan anda tapi melalui kata-kata yang tidak anda pikirkan sebelumnya. Jadi kesimpulan artikel kali ini adalah, teknik di dalam seni teater sudah kita sering gunakan dalam kehidupan sehari-hari jadi tak perlu bingung dalam mengartikan teknik-teknik didalam seni teater.dan semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi pembaca, Salam Budaya.

Subscribe to receive free email updates: