Mengenal Seni Teater

Salam Budaya, di artikel kali ini saya akan sedikit membagi pengalaman saya di dunia seni teater, belum banyak memang, tetapi kurang lebihnya saya akan membagikan beberapa pengertian dalam seni teater, mungkin bagai beberapa orang berteater itu bukanlan hal yang mudah.

Ia mungkin pendapatnya malu untuk berpura-pura menjadi diri orang lain, tapi disini saya pun dulu berpikiran seperti itu, tapi setelah saya menggelutinya saya merasakan dampak positif dari yang saya dapatkan dengan berteater, contohnya dalam bersosialisasi ataupun dalam berorganisasi, saya sudah terbiasa untuk berbicara di depan umum.
Pengertian Teater
1.Drama berarti perbuatan, tindakan. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya.
2. Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak
3. Konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama
Dalam bahasa Belanda, drama adalah toneel, yang kemudian oleh PKG Mangkunegara VII dibuat istilah Sandiwara. 

Arti Teater
1. Secara etimologis : Teater adalah gedung pertunjukan atau auditorium.
2. Dalam arti luas : Teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak
3. Dalam arti sempit : Teater adalah drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media : Percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian, dsb.

Sedikit pengertian tentang teater sudah saya tuliskan di atas, Selanjutnya Teknik dasar di dalam seni teater, simak dibawah.

Olah Tubuh
Olah tubuh di lakukan untuk melatih gerak tubh atau di sebut gestur. Agar mendapat gestur yang baik dalam memerankan sebuh karakter di pementasan teater di utuhkan latihan olah tubuh. Latihan yang dimulai dari peregangan otot bagian tubuh dari kepala, pundak, tangan, pinggung, sampai kaki.

Olah Vokal
Yang ini tak kalaha pentingnya, sahabat bisa melatih vokal dengan cara melantangkan A,I,U,E,O dengan nada tinggi dan rendah, manfaatnya ketika anda berada di atas panggung suara yang anda ucapkan terdengar oleh penonton, latihan ini bisa anda kembangkan sendiri. 

Olah Rasa
ini adalah teknik menghayati setia peran yang akan anda perankan, mulailah memejamkan mata dalam waktu 30 menit atau bahkan 1 jam, rileks, tenangkan fikiran anda dan mulailah bayangkan peran yang anda perankan dalam suatu naskah. mungkin anda harus coba teknik di atas untuk membantu dalam pementasan teater,  masih banyak teknik-teknik dasar yang dapat membantu anda berteater. sampai sini dulu teman-teman saya membagikan sedikit pengertian dan teknik berteater .
semoga bermanfaat .

Subscribe to receive free email updates: