Arti Musik di Dalam Seni Teater

Musik di dalam seni teater memiliki peran penting  dalam sebuah pementasan, menjadi pengiring dan pemanis sebuah pementasan. Biasanya ketika anda menonton sebuah pementasan teater biasanya ada sumber suara berasal dari belakang pagung seperti, lagu-lagu pengiring atau seperti suara angin yang berhembus di sore hari.

Saya ambil dari pementasan yang umum di bawakan di setiap acara perpisahan sekolah umum di pertontonkan di publik. Biasanya untuk menggambarkan suasana di butuhkan pengeras suara untuk menimbulkan sebuah dramatis di setiap pementasan. Contoh ketika pementasan baru saja di mulai dan pemai memasuki panggun dengan suasan di pagi hari, terdengar suara burung berkicau di ilustrasikan dengan suara burung melalui sound yang berada di belakang panggung. Itu lah sedikit penggambaran penggunaan Musik atau suara pengiring di sebuah pementasan seni teater.


Musik pengiring di ketahui orang di gunakan untuk mengiring sebuah pementasan seni tari atau drama musikal. Padahal di teater pun musik pengiring di butuhkan untuk membuat suasana pementasan lebih dramatis dan nyata. Pemeran teater dapat lebih menguasai pertunjukan dengan adanya suara pengirng.

Kegunaan Selain di Pementasan Teater
Musik pengiring juga dapat di gunakan ketika sedang latihan dasar sebelum pementasan di mulai, biasa di sebut sebagai olah rasa. Banyak di antara aktor dan artis teater yang menggunakan pengiring untuk melatih penjiwaan.

Seperti di dalam pengolahan jiwa ketika ingin mendapatkan suasana yang sejuk, akan sangat bagus di tambah dengan pengiring suara sayupan angin yang berhembus. Anda bisa mencobanya dan rasakan kesejukan angin yang berhembus dan kicauan burung yang sedang hinggap. Bayangkan anda berada di tempat yang sangat sejuk dan sangat tenang hanya terdengar suara angin yang tertiup. Itu sedikit penggambaran musik pengiring di dalam olah rasa. Dan masih banyak lagi kegunaan musik pengiring di setiap latihan dasar seni teater. Musik pengiring di Bagi menjadi dua :

Musik Asli
Mengapa di sebuat musik asli, musik yang di katakan asli di dalam pementasan seni teater bisanya di hasilkan langsung oleh pengiring seperti Teater di lampung yang memiliki alunan gitar khas lampung, dalam mementaskan cerita rakyat Lampung. Pemain gitar memetik gitarnya ketika sedang berjalannya pementasan di waktu yang sudah di tentukan. Dan ada lagi ketika Pemeran membuat suara gaduh ketika berkelahi di timbulkan oleh pemeran itu sendiri ketika sedang berjalannya pementasan.

Musik Rekaman
Musik rekaman banyak di pilih dalam sebuah pertunjukan teater di karenakan, lebih mudah untuk di putar dan mencegah kesalahan pengiringan di sebuah pementasan teater. Seperti yang saya jelaskan tadi di atas, sepeti suara kicauan burung dan sebuah alunan lagu yang di rekan memudahkan pengiringan di saat waktu yang di tentukan.

Itu lah sedikit materi mengenai arti musik di dalam seni teater, musik bukan sekedear pemain ketika sedang berjalannya pementasan, melainkan dapat di gunkaan ketika sedang melatih teknik dasar seni teater. Musik di dalam teater tidak hanya bersumber dari rekaman, melainkan ada yang langsung di mainkan ketika pementasan sedang berlangsung. Penulisan artikel ini menurut pengalaman dan pengetahuan admin apa bila ada tambahan untuk membuat artikel ini lebih sempurna dapat menggubungi kami di contact us yang sudak kami sediakan atau bisa langsung tulis komen di bawah artikel ini, sekiat dan Salam Budaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Musik di Dalam Seni Teater"

Post a Comment