Pengertian dan Cara Membuat Musikalisasi Puisi

Salam Budaya, membahas mengenai puisi yang memiliki arti sebagai bentuk sastra yang memperhatikan pilihan kata dan kepaduan bunyi. Puisi yang di bawakan dengan baik akan menghasilkan sebuah penampilan menjadi indah di dengar dan di lihat. Tapi kali ini kita akan lebih membahas mengenai musikalisai puisi.

Musikalisasi dapat di artikan puisi yang di padukan dengan musik menjadi sebuah pertunjukan puisi yang lebih menarik untuk di tonton. Biasanya kita melihat puisikalisasi di mainkan seorang pembaca dan bahkan lebih. Semua itu untuk lebih membuat pusi menjadi sebuah karya seni yang lebih indah.


Musikalisasi membawa warna yang baru di dunia puisi, karena membutuhkan imajinasi yang lebih tinggi untuk menciptakan sebuah musikalisasi puisi. Biasanya anda hanya akan mendengar seseorang membacakan puisi dengan alunan yang lebih mendahulukan isi dari puisi, Namun ketika puisi di satukan dengan musikalisasai anda harus memikirkan kedua teknik yang di jadikan satu.

Untuk membuat musikalisasi puisi haruslah melalui langkah-lankah dalam pembuatannya, dan kami sudah merangkumkannya untuk anda, simak di bawah ini.

Cobalah Menikmati Musikalisasi Puisi
Ketika anda ingin membuat musikalisai cobalah dengar lagu-lagu yang menurut anda membuat imajinasi anda dapat berkembang dengan baik. dengan kata lain musik mendengar musik yang ingin di jadikan sebuah ide dalam pembuatan musikalisai bisa jadi alternatif anda ketika ingin memikirkan dan membuat sebuah karya yang indan dan bagus.

Memilih Puisi
Memilih puisi dan di musikalisasikan adalah kegiatan seni yang di bolehkan oleh penciptanya. karena pada dasarnya semua puisi dapat di musikalisasikan. Pilih puisi yang anda sukai dan di mengerti agar ketika anda membuat musikalisasinya dapat memadukannya dengan indah. dan cobalah memilih lagu yang pas untuk puisi yang nantinya akan di musikalisasikan.

Memahami Isi Puisi
Ketika anda sudah memilih puisi yang pas, cobalah mengerti dan pahami arti dari setiap kata lirik yang ada di dalam puisi. Semua pengarang puisi pasti menyisipkan arti dan makna di setiap karya nya termasuk puisi. Hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat karena anda harus memiliki pengetahuan yang lebih untuk mengetahui makna dari semua puisi yang anda akan musikalisasikan. Sebenarnya dalam memahami puisi tidak hanya di lakukan ketika kita akan mempuisikalisasikan sebuah puisi, namu pembaca yang membacakan arya orang lain haruslah memiliki kemampuan dalam memahami puisi yang akkan di bacakannya.

Menentukan Irama yang pas untuk musikalisasi
proses ini tidak kalah penting, anda harus mencari irama yang pas dengan suasana puisi yang akan anda bawakan nantinya. ketika anda memiliki masalah dalam menentukan irama dan temponya, mintalah bantuan kepada guru atau teman yang memahami irma musik. Menggunkan alat musik yang biasa di gunakan terlebih dahulu seperti gitar, kebanyakan kita sudah memiliki kemampuan bermainkan gitar. Anda tidak akan kesulitan dalam menentukan lagu yang akan di musikalisasikan ketika anda memiliki kemampuan memainkan alat musik.

Menampilkan Musikalisasi Puisi
Tahap terakhir ketik anda sudah mempersiapkan segala sesuatu seperti yang saya katakan di atas. Mengenai puisi dan musik yang sudah anda tentukan. mulailah berlatih dengan teman anda yang akan membawakan irama musik. Yang harus di ingat adalah, tetap pada isi puisi karena itu yang terpenting. Gunakan intonasi yang jelas dan di padukan dengan mimik muka yang pas pada isi puisi. Musik hanyalah pengiring jadi jangan terlalu fokus kepada musik ketika anda memecah konsentrasi, maka penampilan anda akan terganggu Kompaklah dalam menampilkan sebuah musikalisai karena akan menciptakan sebuah pementasan yang indah. Itu lahs edikit materi dan cara membuat Musikalisasi Puisi, semoga bermanfaat dan Salam Budaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Cara Membuat Musikalisasi Puisi"

Post a Comment